Define Happiness

Apa sih kebahagiaan itu? Kalo search di google sih, katanya Kebahagiaan ialah suatu keadaan perasaan aman damai serta gembira. Dengan kata yang lain, kebahagiaan melebihi hanya perasaan kegembiraan. 

Belakangan suka merasa kurang bahagia. Kenapa ya?

Simpel sebenarnya jawabannya, karena kurang bersyukur. 

Apalagi sih yang sebenarnya dikeluhkan? 

Mungkin sebenarnya yang saya rasakan kurang adalah sosialisasi. Kebutuhan untuk bersosialisasi ternyata cukup tinggi bagi saya. Saya rindu mempunyai lingkaran. Merasa menjadi bagian dari suatu lingkaran. Tentu saja selain lingkaran keluarga saya. Saya rindu saya berpendapat, mengeluarkan pendapat, tertawa karena mendengar pendapat, atau marah karena pendapat itu sendiri. 

Menjadi ibu rumah tangga, bukan tidak bisa berpendapat. Bisa, tentu saja bisa. Misalnya dengan nge twit tau nge blog, berpendapat juga, bukan? Tapi satu arah. Aku ingin berkomunikasi 2 arah. Lha suaminya manaa? Suaminya ada kokk. Suami sedang sibuk di kantor, berusaha untuk menghidupi anak istri, makanya pulang udah cape. Istri mau berpendapat? Sok aja atuh, tapi mas dengerinnya sambil merem ya, katanya… Itu mah namanya ga didengerin, mas… 


Dari kemarin bingung dengan keadaan diri sendiri. Seperti gunung yang mau meletus, kadang adem, kadang gempa dikit-dikit, kadang gempa lumayan gede, tinggal nunggu meletusnya aja. Kirain cuma anak abege aja yang galauuu. Jadi ibu-ibu juga bisa galau yak. How do I find a good community and be part of it? Mungkin penyelesaiannya simpel aja yak, misalnya; 

1. Pengajian

Insya Allah sekarang sedang dicarikan grup pengajian dekat rumah oleh teman. Doakan ya supaya bertemu dengan orang-orang yang nyambung dan asik. 

2. Les menjahit.

Dengan les menjahit tentunya bisa bertemu dengan ibu-ibu yang berkegiatan sama, yang senasib sama. 

3. Bekerja (Last choice.)

Apakah saya sebenarnya merindukan pencapaian dan target, self actualization by working? 本当なのかな。。

Yang jelas apapun itu, aku tidak bisa melakukan apapun selama ga ada yang membantu memegang anak. Pakai pembantu sebenarnya adalah salah satu solusi, tapi ya itu lagi lagi, mencari pembantu tidaklah gampang… Sungguh merupakan tantangan tersendiri ya bok. So far, duit untuk mencari pembantu sudah berjeti-jeti hadeuhhh.. Belum rejeki, kali ya.. 

Kegalauan ini harus segera terselesaikan. Karena sesungguhnya istri yang galau akan menyebabkan suami galau juga hehehe, karena kata suami, 「君は私の元気の源だから、君が元気でないと、俺も元気になれない。」So sweet yak? Tapi sungguh tanggung jawabnya berat ya bok, karena kalau saya tidak bahagia, maka saya tidak bisa membagi kebahagiaan itu sendiri… 

Jadi………? *masih galau mode on*

Leave a Reply

