Halal food here and there in Tokyo

Perubahan Tokyo di tahun 2016 dan Tokyo sampai dengan tahun 2010 cukup saya rasakan. Apalagi di segmen makanan halal. Alhamdulillah di sana-sini sudah cukup banyak makanan halal di sini.

Di stasiun dekat saya tinggal ada 2 toko halal, alhamdulillah.. 

Selain itu, ada toko curry India yang halal beberapa ratus meter dari rumah.

Selain itu, ada supermarket barang impor dan supermarket untuk pengusaha (gyoumu super) yang harganya murah dan banyak menjual barang halal di stasiun saya tinggal. Alhamdulillah.. 

Kemarin saya membeli kebab halal yang baru buka di Kasai station. Sebelumnya memang sudah ada toko kebab di sini, tetapi tidak halal. Sekarang penjualnya orang Turki dan daging yang dijual Halal..

Halal kebab at Kasai Station
 
Alhamdulillah sekali pengetahuan mengenai Halal sudah mulai menyebar di masyarakat Jepang. 

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang Kau Dustakan?

Advertisements

Our Thursdate

Kamis kemarin cerah. Berhubung cerah dan saya tau bahwa keesokan harinya cuaca hujan terus saya memutuskan untuk meliburkan sora sekolah. Sebagai gantinya, mengajak Sora jalan jalan ke taman.

Kami ke taman di sekitar Edogawaku, yang cukup menarik perhatian dari kemarin kemarin sebenarnya, soalnya do taman ini anak anak bisa belajar tentang manner mengemudi. 

Ternyata selain bisa belajar mengemudi, ada permainan bersepeda di udara. Semua permainan dan fasilitas gratis. Waaaaaa senangnya!

Ada kakek kakek yang ceritanya menjadi polisi untuk anak anak mengemudi, memberitahu manner dan peraturan lalu lintas. Saluuut deh, untuk taman gratisan begini, banyak kakek kakek yang bersih bersih, jaga fasilitas, bahkan menunjukkan informasi. Kereenn! 
Berikut foto-foto kemarin;


Ceritanya Sora meniru kelinci lompat lompat.


Helmnya ada berbagai ukuran. Bisa dipilih sesuai ukuran kepala. Oh iya ada alkohol untuk menghilangkan kuman juga loh disiapkan. Detil yah.


Habis naik sepeda, berikutnya naik gokart. Ini lumayan pegel ngegoes ke depan belakangnya, kata Sora.


Ada banyak perosotan dan ayunan di taman ini.


Lampu merahnya beneran loh. Anak anak jadi tau kapan harus jalan, hati hati, atau lurus terus.


Ini super fun! Nama wahananya rainbow cycle. Gretongan, tapi baguuuusss! Berhubung ini tamannya di pinggir muara, jadi bisa melihat pemandangan kapal kapal kecil yang merapat, dll.
Puas banget main ke taman ini. Toilet ada beberapa. Ada tempat buat makannya juga. Kayak kantin gitu. Ada tempat menyusui juga. 
Recommended deh buat menghabiskan waktu bersama anak-anak.

Activities before sleep

Aktivitas Sora sebelum tidur bermacam-macam. Diantaranya adalah;

1. Murojaah surah baru (hapalan surah yang saya planning dalam sebulan (1 bulan 1 surah)

2. Membaca buku bergambar

3. Menceritakan aktivitasnya satu hari ini

4. Membuat prakarya 

Tadi malam Sora membuat mobil dari karton Amazon, kotak bekas Oreo, dan bannya dari tutup botol plastik.


Awalnya bannya dulu diselotip


Saya membantu membuat kaca depan dan wipernya dari tip-ex.

Tapi hal yang paling Sora suka sebenarnya adalah membaca buku bergambar.


Kalau baca buku bergambar bersama Papa, biasanya lebih seru katanya.


Kadang di tengah tengah baca buku, suka uwel uwelan mereka berdua.
Demikian aktivitas Sora sebelum tidur.

One day at Mishima 

Beberapa minggu yang lalu alhamdulillah berkesempatan jalan jalan ke jembatan goyang yang paling panjang se Jepang yang berlokasi di Mishima, Prefektur Shizuoka.
Berikut foto fotonya;


Bagus yah potonya. Iya doong.. dipotoin sama fotografer soalnya hehehe


Tempatnya bagus, segerr liat yang hijau hijau.


Video sekitar mishima.
Sekali seumur hidup bolehlah jalan jalan ke Mishima. 

Selain jembatan, disitu juga ada taman bunga yg lumayan  lucu. 

Alhamdulillah….

Sora’s first sports day festival

Baru baru ini Sora mengikuti Undoukai (sports day festival) untuk pertama kalinya di TKnya.

Kelihatannya dia cukup menikmatinya walaupun saya rasa dia 90 persen tidak mengerti dengan maksud, dan apa yang disampaikan pada saat hari H. 

Akan tetapi, melihatnya bisa tertawa bersama temannya adalah pemandangan yang luar biasa melegakan buat saya. 

Berikut foto-fotonya; 

Tema sports day festival kali ini adalah olympic di Brazil.

Lumayan heboh ya soalnya harus menyiapkan hand made supporter hand fan juga hahaha

Sora berlari. Berlari adalah salah satu hal yang sora suka. 


Kostum kelas sora. Semuanya buat sendiri loh. Maracasnya terbuat dari botol yakult dan diisi batu batu kecil. 

Hiasan di pundaknya juga terbuat dari kertas minuak. 

Bajunya juga buat sendiri, hebat ya. 


Ga tau sih ini kapal apa sebenarnya. Lihat detail deh hiasan kapalnya, itu adalah hasil kreasi anak anak TK, emak emaknya dan guru guru sekolahnya Sora. Dari kertas yang digambar, ditempel-tempel, dan digabungkan. Kreatif!


Tema olympic ini dibuat untuk memperkenalkan konsep olympic ke anak anak TK sebagaimana Jepang akan menjadi host untuk Olympic tahun 2020.
Over all, saya senang sekali di acara sports day kali ini.

Semoga acara sports day tahun depan Sora sudah bisa mengerti bahasa Jepang sehingga lebih bisa menikmati acara acara yang diselenggarakan sekolahnya.

Two months in Tokyo

Hari ini 2 bulan sudah tinggal di Tokyo bersama dengan Sora dan papanya. Berikut updatenya;

1. Menyadari bahwa apartemen yang sekarang strategis, banyak fasilitas di sekitarnya.

Thanks to my super detail and super perfectionist hubby yang memilih apartemen yang kami tinggali sekarang. Dekat dengan pasar (商店街), rumah sakit, toko halal, toko yg menjual barang impor, taman, city hall, dll, juga tidak terlalu jauh dari stasiun (sekitar 8 menit jalan kaki dari stasiun). 

Apartemen yang sekarang juga lumayan bagus fasilitasnya.  Semoga betah di tempat yang sekrang dan seterusnya. 

Yang paling aku sukai dari apartemen yang sekarang adalah dapurnya (mamak2 sekaleeh ya). Dapurnya lumayan luas dan saya bisa bereksperimen macem macem.


Ga terlalu gede sih dibandingkan dapur pasa umumnya di Indonesia, tapi utk ukuran tokyo, ini sudah cukup lapang dan leluasa. 

2. Sora sudah mulai terbiasa dengan TKnya.

Sora masih belum sekolah dengan jam sekolah yang sama seperti anak lainnya, dalm artian, saya masih menjemputnya lebih cepat daripada anak anak lainnya.

Saya biasa menjemputnya jam 11.50, tepat sebelum makan bersama dimulai.

Akan tetapi, per minggu ini saya mulai menerapkan 2 kali seminggu makan bento di sekolah (pulang jam 13.50). 

Semoga bulan November bisa ditingkatkan menjadi 3 kali seminggu, lalu 4 kali seminggu, lalu bisa full di sekolah. 

Setiap hari berdoa agar Sora diberi kemudahan dalam menyesuaikan diri di lingkungan baru. 

3. Berteman dengan ibu-ibu sekolah TK adalah sesuatu yang menantang. 

Mengantar Sora ke sekolah selalu membuat saya deg degan. Apakah saya harus menyapa ibu itu? Kalau ketemu dan memulai pembicaraan sebaiknya membicarakan apa ya? Dll sebagainya. Duh kenapa sih aku ga jago basa basi? Huhuhu..  
4. Memasak adalah kegiatan menghilangkan kejenuhan

Selama di Indonesia, memasak tidaklah menjadi keharusan karena makanan yg dapat dimakan ada di mana saja dan bisa dipesan dengan mudah sekali. Akan tetapi di sini, makanan yg bisa dimakan sedikit, dan harganya cukup mahal. Beda sekali antara masak sendiri.

Mau tau mau saya harus mengepulkan asap dapur. Daan ternyata memasak cukup menyenangkan. Buat saya saat ini bereksperimen dengan resep baru adalah salah satu cara menghilangkan kejenuhan. 
Demikian update 2 bulan tinggal di sini.

Sampai juga di postingan berikutnyaaa👋